Kamis, 11 Maret 2010

Stevia is Sugar Substitute


Stevia adalah tanaman yang memiliki 240 spesis dalam keluarga Bunga matahari (Asteraceae) berasal dari negara Tropik dan subtropik seperti Amerika Utara dan Amerika Selatan. Spesies Stevia rebaudiana, sering dikenal dengan pemanis, daun manis, atau hanya stevia. Sebagai pemanis dan pengganti gula rasa stevia sangat manis 300 kali lebih manis dibandingkan gula tebu.
Ditemukan juga bahwa stevia rendah karbohidrat , dan 0 kalori. Penelitian kesehatan menemukan bahwa Stevia sangat baik untuk penderita obesitas dan penderita tekanan darah tinggi. Tahun 2008 Ekstrak Rebauside – A dari Stevia diperbolehkan sebagai bahan tambahan pada makanan. Stevia sudah dipakai sebagai pemanis di Jepang. Amerika, dan beberapa negara di Asia .

1. Frucor melaunching produk air mineral dengan rendah gula pada Agustus 2009. Frucor adalah pabrikan terbesar no. 2 di New Zeland.
2. Coles Group – Perusahaan retail terbesar kedua di Australia – merencanakan melaunching produk “tanpa tambahan gula” di roti pada Pasar Australia January 2010. Produk ini mengandung 5% tambahan gula
3. Malaysia 2010 : Nestle Launching produk yogurt dengan rasa buah

Apa Yang Bisa Kita Kerjakan???
RnD pada stevia, Oktober 2009 stevia kultivar PC1 dan PC4 sudah di introduksi ke Indonesia dan ditanam di dataran tinggi dan rendah

Memperkanalkan tanaman ini pada petani untuk meningkatkan penghasilan petani

Tidak ada komentar:

Posting Komentar